Senin, 06 Oktober 2014

Gunung Api

Apa Gunung Api?


Gunung Api adalah tempat keluarnya magma ke permukaan bumi membentuk suatu kerucut raksasa, dibagian atasnya seperti terpancung dan bila didatangi ke puncak biasanya terdapat sesuatu yang berbentuk kubah atau bukit atau sebuah lupang besar yang disebut kawah dan kadang-kadang kawah itu terisi air membentuk suatu danau.

Magma itu adalah suatu cairan pijar terdapat di dalam lapisan kulit bumi dengan suhu yang tinggi (lebih dari 1000 Derajat Celcius), mempunyai sifat fisika dan kimia tertentu yang terdiri dari unsur-unsur lava dan bila sudah membeku disebut batuan beku? 

Apa bedanya Gunung Api, Gunung, Bukit atau Pengunungan Tidak Berapi?

Gunung Api berbeda dengan Gunung, Bukit/Pengunungan yang bukan berapi. Pada daerah Gunung Api atau bekas Gunung Api akan terdapat perbedaan yang dicirikan oleh adanya mata air panas, adanya suatu kawah (lubang bekas letusan) dan adanya sumber-sumber uap sering berbau belerang dan adanya kerucut (bukit) atau kubah disekitar puncaknya. 

Dimana Gunung Api Berada?

Gunung Api terdapat pada jalur-jalur tertentu di uka bumi yaitu:
1. Pada Jalur punggungan tengah samudera
2. Pada jalur pertemuan dua buah lempengan kerak bumi.
3. pada titik-titik panas dimuka bumi tempat keluarnya magma di Benua maupun di Samudera. 

Indonesia merupakan negara kepulauan dan terkenal sebagau negara yang mempunyai GUnung Api terbanyak didunia, terletak pada pertemuan 3 lempeng kerak bumi, yaitu: Lempeng Erasia, Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Pacifik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar