Senin, 06 Oktober 2014

Pohon Trembesi Untuk Lingkungan?

Pernah tidak memperhatikan pohon yang satu ini? bentuk daunnnya kebanyakan keribo? sekarang penampakannya banyak ditemui di sepanjang jalan. Siapa sangka pohon bergaya Bastyan Mantan Personil Coboy **, di Istana Negara ternyata ada juga Pohon Trembesi? dan coba tebak siapa yang menanam pohon trembesi di istana? jrenggg ternyata Bapak Ir. Soekarno (Bung Karno) Bapak Bangsa inilah yang menanam pohon trembesi di istana, wah ternyata dibalik gaya kepemimpinnnya yang karismatik Bung Karno juga cinta lingkungan kalau  Pohon Trembesi Baik Untuk Lingkungan.

Penyerap KarbondioksidaPohon trembesi atau disebut juga pohon kihujan (Samanea saman) adalah salah satu dari banyak jenis pohon penghijauan yang teruji sangat baik untuk lingkungan. Pertumbuhannya terbilang cepat, batangnya besar-besar , tentunya kuat dan bentangan dahan-dahan lebar dan bentuknya yang selalu unik usut punya usut pohon ini mampu menyerap 28 Ton Co2 pertahunnya wow angka yang cukup besar tentunya. Trembesi biasanya  hidup didaerah yang kritis dan memiliki keasaman yang tinggi. Penelitian membuktikan , pohon terambesi yang ditanam di lahan satu hektar dapat mengikat 0,6 Ton Oksigen perhari. Pohon ini mampu menyimpan 900 meter kubik air kaya tangki air saja ya? selanjutnya juga dapat menyalurkan 4000 liter air perhari.  Selain sebagai tanaman penghijauan, berdasarkan penelitian Hartwell (1967-1971) di Venezuela, akar Trembesi dapat digunakan sebagai obat tambahan saat mandi air hangat untuk mencegah kanker (terbukti bermanfaat banget ya. 

Obat HerbalBiji trembesi berbentuk seperti kuaci. Selain bisa dijadikan snack, ternyata biji trembesi bisa menjadi obat pencuci perut. Caranya, cukup seduh biji trembesi dengan air panas sampai larut, lalu diminum saat hangat. Selain itu, ekstrak daunnya juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan mikrobakterium Tuberculosis, bakteri yang menyebabkan penyakit TBC.

Nah  kesimpulannya Pohon Trembesi sangat banyak manfaatnya, mari kita bersama menjaga lingkungan kita dengan baik, menanam satu pohon ikut menyelamatkan lingkungan. Sayangi Lingkungan sekitar kita, agar anak cucu kita bisa merasakan apa yang pernah kita rasakan, jangan sampai mereka hanya tahu tinggal sejarah, save enviroment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar